Perayaan Megah Peringatan Penaklukan Konstantinopel ke 563


Perayaan Peringatan Penaklukan Konstantinopel (Istanbul) ke 563

Ulang tahun ke 563 dari penaklukan Konstantinopel oleh Ottoman yang dipimpin Sultan Muhammad Al-Fatih pada tahun 1453 (29 Mei 1453) ditandai dengan acara megah, Minggu (29/5), di tepi Yenikapı, Istanbul. Tempat dimana dahulunya terjadi peperangan dalam perebutan benteng Konstantinopel.

Presiden Recep Tayyip Erdogan dan Perdana Menteri Binali Yildirim hadir pada acara tersebut, dan penaklukan Konstantinopel itu kembali dihadirkan dengan bantuan teknologi audio-visual dan ratusan aktor berpakaian tentara Ottoman.

Di tengah lautan massa yang hadir, Erdogan mengatakan meskipun penaklukan Konstantinopel berlangsung 563 tahun yang lalu, implikasi dari acara ini masih bertahan.


Erdogan juga menyinggung krisis Suriah, ia berkata: "Rezim Suriah, Daesh dan kelompok teror PYD telah menjadi trio yang saling mendukung di Suriah, satu tidak bisa bertahan hidup tanpa yang lain. Sayangnya, negara-negara yang kita sebut sekutu, mereka beralih buta mata melihat situasi, dan bahkan mendukungnya." (menyindir NATO dan Amerika)

Kerumunan besar berbondong-bondong ke tempat acara berlokasi dekat tembok kuno kota, yang pernah menjadi benteng perlindungan bagi Byzantium atau Kekaisaran Romawi Timur terhadap serangan dari laut oleh Ottoman.


Upacara tahun ini, diadakan di bawah pengawasan Kepresidenan Turki, diharapkan dapat menarik lebih dari satu juta orang. Seiring dengan cara lain transportasi massal berlokasi dekat alun-alun, warga Istanbul tiba di alun-alun melalui feri dari lokasi yang ditunjuk di Laut Marmara dan garis pantai Bosporus. Jalan-jalan menuju Yenikapı Square, yang terletak di semenanjung bersejarah Istanbul di sisi Eropa, ditutup untuk lalu lintas pada Minggu pagi.

Sebelum upacara, band militer dari Garda Resimen Presiden, dan mehter 563 "Mehteran" membuat pertunjukan.

Aksi Pertempuran selama penaklukan juga akan dipertontonkan oleh 500 aktor di atas panggung dunia terbesar ketiga yang didirikan untuk upacara, juga meriam dan replika kapal.

Sebuah platform besar tembok kota didirikan menjadi latar belakang yang menggambarkan tembok kota pada saat penaklukan Ottoman, bersama dengan "gambar terbesar 3D" seukuran model kapal ditarik oleh pasukan Ottoman dalam sebuah adegan yang menggambarkan rencana cerdik Al-Fatih untuk memindahkan kapal melalui jalur darat dari laut Marmara ke perairan Tanduk Emas untuk memecah pertahanan Bizantium.


Turki Stars, tim stunt udara dari Angkatan Udara Turki, terbang di atas Yenikapı untuk acara tersebut. Sebuah band mehter, bermain musik militer tradisional Ottoman, berada di pusat acara. Marching Band yang memainkan lagu kebangsaan militer yang digunakan untuk menggalang pasukan pergi ke medan perang selama era Ottoman.


Untuk memastikan penonton tidak akan melewatkan acara spektakuler, penyelenggara menyiapkan layar raksasa di sudut-sudut jauh dari tempat tersebut, yang dipenuhi ribuan orang.

Sumber: Daily Sabah

Video:
https://www.youtube.com/watch?v=WOy1HjbZtSo

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Perayaan Megah Peringatan Penaklukan Konstantinopel ke 563